MASJID TEGALSARI JETIS PONOROGO (MAKNA SIMBOLIK DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL)

Hadi Kusnanto, Yudi Hartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan makna simbolik arsitektur Masjid Tegalsari Jetis Ponorogo dan potensinya yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran sejarah lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data menggunakan sumber dan sekunder Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik coding model Strauss dan Corbin, dan keabsahan datanya dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Arsitektur Masjid Tegalsari merupakan akulturasi corak Jawa, Islam, dan Hindu. Unsur-unsur masjid; mihrab, bangunan utama, serambi, tiang, atap, batu bancik, gapura, dan pagarnya memiliki makna yang dalam sebagai tuntunan hidup. Makna-makna dari simbulnya berpotensi untuk dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah lokal khususnya sejarah agama Islam. Dengan menjadikan lingkungan sekitar atau dinamika masyarakat yang berada di sekitar dimungkinkan peserta didik dapat mengkontektualkan pelajaran sejarah Islam sehingga mudah memahami dan menjadikannya sebagai edukasi, inspirasi, rekreasi, dan pada akhirnya tumbuh kesadaran sejarahnya.


Keywords


Masjid Tegalsari; makna simbolik; sumber pembelajara

Full Text:

PDF

References


Daliman, A. (2012). Islamisasi dan Perkembangan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Ombak.

Herusatoto, B. (2008). Simbolisme Jawa. Yogyakarta: Ombak.

Juliadi. (2007). Masjid Agung Banten: Nafas Sejarah dan Budaya. Yogyakarta: Ombak.

Paeni, M (ED.). (2009). Sejarah Kebudayaam Indonesia: Arsitektur. Jakarta: Rajawali Pers.

Suherman, E. (2012). Manajemen Masjid: Kiat Sukses Meningkatkan Kualitas SDM Melalui Optimalisasi Kegiatan Umat Berbasis Pendidikan Berkualitas Unggul. Jakarta: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial indexed by:

Copyright gulawentah: Jurnal Studi Sosial (ISSN print):2528-6293 ; (ISSN online): 2528-6781

 

email : gulawentah@unipma.ac.id

Creative Commons License
Gulawentah: Jurnal Studi SOsial by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/gulawentah/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics
Gulawentah My Stats