UPAYA PELESTARIAN KEARIFAN LOKAL MELALUI EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SMP NEGERI 1 JIWAN TAHUN 2016

Priyo Sularso

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan ekstrakurikuler karawitan di SMP Negeri 1 Jiwan dapat digunakan sebagai sarana pelestarian kearifan lokal. Subjek penelitian ini adalah para siswa peserta ekstrakurikuler karawita dan Bapak/Ibu Guru Pembina ekstrakurikuler karawitan. Penelitian ini membuktikan bahwa ekstrakurikuler karawitan dapat dijadikan sebagai sarana pelestarian nilai-nilai kearifan lokal karena dalam pelaksanaannya terjadi transfer nilai-nilai kearifan lokal dari Bapak/Ibu Guru kepada para siswa peserta ekstrakurikuler karawitan. Para siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karawitan memahami nilai-nilai kearifan lokal yang tersimpan dalam alat musik, gending, tembang ataupun tarian yang menjadi bagian dari karawitan tersebut serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

 


Keywords


Kearifan Lokal; Ekstrakurikuler; Karawitan

Full Text:

PDF

References


Bahari, N. 2014. Kritik Seni: Wacana, Apresiasi dan Kreasi. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Bratawijaya, T. W. 1997. Mengungkap dan Mengenal Budaya Jawa. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fajarini, U. 2014. Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Sosio Didaktika (Online), Volume 1, No. 2 (http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIOFITK/article/download/1225/1093 Diunduh 15 Maret 2016)

Heliarta, S. 2009. Seni Karawitan. Semarang: Aneka Ilmu.

Hendarto, S. dan Hastono. S. 2011. Organologi dan Akustika I & II. Bandung: Lubuk Agung.

Karmadi, A. D. 2007. Budaya Lokal Sebagai Warisan Budaya Dan Upaya Pelestariannya. Makalah Disampaikan Pada Dialog Budaya Daerah Jawa Tengah Yang Diselenggarakan Oleh Balai Pelestarian Sejarah Dan Nilai Tradisional Yogjakarta Bekerja Sama Dengan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah, Semarang 8-9 Mei 2007. (http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/sites/37/2014/11/Budaya_Lokal.pdf Diunduh pada 14 Maret 2016)

Kodrat, Ki Harsono. 1982. Gending-Gending Karawitan Jawa Lengkap Slendro Pelog Jilid 1. Jakarta: Balai Pustaka.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan: Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Lisbijanto, H. 2013. Ketoprak. Yogjakarta: Graha Ilmu.

. 2013. Ludruk. Yogjakarta: Graha Ilmu.

. 2013. Sekaten. Yogjakarta: Graha Ilmu.

. 2013. Wayang. Yogjakarta: Graha Ilmu.

Margono, S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Moloeng, L. J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Noor, R. M. 2012. The HiddenCurriculum: Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Yogjakarta: Insan Madani.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah (http://sdm.data.kemdikbud.go.id/SNP/dokumen/Permendiknas%20No%2022%20Tahun%202006.pdf Diunduh 14 Maret 2016)

Pramono, A. 2010. Implementasi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter Di Pendidikan Dasar: Studi Karakter Nasionalisme Tokoh Karna Dalam Tripama Karangan KGPAA Mangkunegara IV, Jurnal Pendidikan Karakter, Vol.10, No.4, H.64-74. (http://ejournal.ikippgrimadiun.ac.id/sites/default/files/3.4_agung%20pramono_implementasi%20local%20wisdom%20dlm%20pendidikan%20karakter%20di%20dikdas.pdf Diunduh pada 14 Maret 2016)

Rahyono, F. X. 2015. Kearifan Budaya Dalam Kata Edisi Revisi. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Ratna, N. K. 2010. Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Sabda. 2008. Wirid Purba Jati: Mengenali Jati Diri; Hakekat Neng, Ning, Nung, Nang. Artikel (https://sabdalangit.wordpress.com/2008/12/22/mengenali-jati-dirihakekat-neng-ning-nung-nang/ Diunduh pada 13 Maret 2016)

Sartini, N. W. 2009. Menggali Nilai Kearifan Lokal Budaya Jawa Lewat Ungkapan (Bebasan, Saloka dan Paribasa). Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra (Online), Volume V, No. 1, (http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/17541/1/logapr20095%20%284%29.pdf Diunduh 14 Maret 2016)

Sartini. 2004. Menggali Kearifan Lokal Nusantara Sebuah Kajian Filsafati. Jurnal Filsafat (Online), Jilid 37, No.2 (http://dgi-indonesia.com/wp-content/uploads/2009/02/menggalikearifanlokalnusantara1.pdf Diunduh 15 Maret 2016)

Satori, D. dan Komariah, A. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sedyawati, E. 2006. Budaya Indonesia: Kajian Arkeologi, Seni, dan Sejarah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soedarsono, dkk. 1985. Gamelan, Drama Tari, dan Komedi Jawa. Diterbitkan oleh Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara (Javanologi) Direktorat Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 1984/1985.

Soyomukti, N. 2010. Pengantar Sosiologi: Dasar Analisis, Teori, & Pendekatan Menuju Analisis Masalah-Masalah Sosial, Perubahan Sosial, & Kajian-kajian Strategis. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukinah. 2011. Seni Gamelan Jawa Sebagai Alternatif Pendidikan Karakter Bagi Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa. Makalah Proceeding disajikan dalam Seminar Nasional Revitalisasi Nilai-nilai Budaya Jawa dalam Membentuk Generasi yang Berkarakter, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogjakarta, Yogjakarta, 23 Juli 2011. (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/scan0001_3.pdf Diunduh pada 14 Maret 2016)

Sukmadinata, N. S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syahroni dan Somantri, T. 2010. Pandai Karawitan. Bandung: Andira Putra.

Tarakanita, I. dan Cahyono, M.Y. M. 2013. Komitmen Identitas Etnik Dalam Kaitannya dengan Eksistensi Budaya Lokal. Jurnal Zenit (Online) Volume 2, No. 2

(http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0ahUKEwjij-Hp28DNAhVMM48KHRBZAmEQFggZMAA&url=http%3A%2F%2Fmajour.maranatha.edu%2Findex.php%2Fzenit%2Farticle%2Fdownload%2F1298%2F1361&usg=AFQjCNE9JwgFJMaBK8Zlet8IG-d7rVkyKg Diunduh 14 Maret 2016)

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (http://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf, Diunduh 14 Maret 2016)

Wagiran. 2012. Pengembangan Karakter BERBASIS Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana: Identifikasi Nilai-nilai Karakter BERBASIS Budaya. Jurnal pendidikan Karakter (Online) Tahun II, No. 3 (http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved=0ahUKEwiXw_j54MDNAhXIM48KHWO9AJ8QFggjMAE&url=http%3A%2F%2Fjournal.uny.ac.id%2Findex.php%2Fjpka%2Farticle%2Fdownload%2F1249%2F1050&usg=AFQjCNG7f3K-jEwIHewmC2TLYoFwvJJg_w Diunduh 14 Maret 2016)

Wibowo, A. dan Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Citizenship Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:
      

View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.