PERAN GURU DALAM UPAYA PEMBENTUKAN WAWASAN KEBANGSAAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BARAT KABUPATEN MAGETAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Nurhadji Nugraha, Nevanda i Depika Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran guru dalam upaya pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Barat Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didesain sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Adapun sumber data diperoleh dari narasumber sebagai orang yang dapat memberikan informasi terkait dengan keperluan penelitian, yaitu: Kepala Sekolah, Guru PKn, Guru IPS dan Siswa Kelas VIII SMPN 1 Barat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga macam teknik, yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan metode penelitian yang digunakan, maka analisis data dilakukan dengan metode analisis kualitatif. Dari hasil pembahasan diketahui bahwa peran guru SMPN 1 Barat dalam upaya pembentukan wawasan kebangsaan yaitu guru memberikan pemahaman kepada siswanya untuk cinta tanah air, bangga akan budaya dan kekayaan alam Indonesia, mengikuti upacara bendera dengan tertib, mengikuti OSIS, mengikuti ekstrakurikuler pramuka, menyanyikan lagu nasional sebelum dan sesudah pelajaran, menghargai dan mencintai produk dan budaya dalam negeri, budaya cium tangan saat bertemu guru, siswa tidak membeda-bedakan teman, siswa menaati tata tertib sekolah, serta melakukan bakti sosial bagi orang-orang yang membutuhkan.


Keywords


Peran Guru, Wawasan Kebangsaan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Citizenship Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:
      

View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.