Penggunaan Metode Kooperatif Model Team Games Tournament Dapat Meningkatkan Kemampuan Belajar Berhitung Perkalian dan Pembagian Siswa Kelas II

Yayuk Hermi Setyowati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa kelas II semester II dalam memahami pembelajaran perkalian dan pembagian pada mata pelajaran matematika menggunakan metode kooperatif model team games tournament. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di Kelas II Semester II SDN 0I Taman  Kecamatan Taman Kota Madiun. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 0I Taman Kecamatan Taman Kota Madiun dengan jumlah siswa 30 orang. Rencana tindakan yang akan dilakukan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: Perencanaan , Implementasi Tindakan, Observasi dan Interpretasi, Analisis dan Refleksi. Adapun cara menganalisis data adalah dengan menganalisis data hasil obeservasi pembelajaran kemudian dilakukan penafsiran berdasarkan kajian pustaka dan pengalaman guru. Pada bagian refleksi dilakukan analisis data mengenai proses, masalah, dan hambatan yang dijumpai kemudian dilanjutkan dengan refleksi dampak pelaksanaan tindakan yang dilaksanakan. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan kooperatif model TGT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya rata-rata keberhasilan siswa pada tiap-tiap siklus yaitu siklus I rata-rata 6,6 menjadi 8,4 pada siklus II.


Keywords


TGT; PTK; Hasil belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Juniarso, T. (2008). Sistematika dan Penjelasan Penelitian Tindakan Kelas. (trimanunipa @ yahoo.com diakses tanggal 1 Maret 2008).

KBBI. (1996). Edisi Kedua, Jakarta: Balai Pustaka.

Kiranawati. (2007). metode Team Games Tournament (TGT). .(http://gurupkn.wordpress.com/2007/11/13/metode-team-games-tournament-tgt diakses tanggal 13 Nopember 2007).

Lie, A. (2004). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta: Garsindo.

Masrukan. (2004). Matematika dan Alat Peraga. Majalah Fasilitator, edisi IV hal 32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Premiere Educandum indexed by:


Premiere Educandum has ISSN: 2088-5350 (Print) & ISSN: 2528-5173 (Online)

Creative Commons License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View Premiere Educandum Stats