Peningkatan Kompetensi Calon Pendidik SD Dalam Pengembangan Tes Hasil Belajar

Ani Kadarwati

Abstract


Kenyataan yang terjadi di lapangan, dalam implementasi Kurikulum 2013 terutama dalam penilaian hasil belajar, masih banyak guru yang mengalami kesulitan untuk mengembangkan tes hasil belajar dalam menyusun kisi-kisi dan butir soal. Penelitian tentang pengembangan tes hasil belajar difokuskan pada mahasiswa S1 PGSD semester 6 (enam) yang merupakan calon pendidik di Sekolah Dasar (SD). Jadi, dapat dikatakan bahwa tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kompetensi mahasiswa S1 PGSD dalam pengembangan tes hasil belajar yang merupakan jenis instrumen penilaian pengetahuan dan 2) upaya peningkatan kompetensi mahasiswa S1 PGSD dalam pengembangan tes hasil belajar, yaitu membuat kisi-kisi dan soalnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kompetensi mahasiswa S1 PGSD dalam hal pengembangan tes hasil belajar setelah mendapatkan tindakan menerima teori tentang kisi-kisi dan butir soal sesuai kaidah penulisan butir soal dalam Kurikulum 2013.


Keywords


pengembangan tes hasil belajar; kisi-kisi dan butir soal

Full Text:

PDF

References


Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Panduan Penulisan Butir Soal, (Sumber BNSP). Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan SMP.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Penilaian SD. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar – Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Milles dan Hubbermain. 1992. Analisis Data Kualitatif, terjemahan, Jakarta: UI Press

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Sapari. 2005. Penulisan Butir Soal berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi, Jakarta: Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia, Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alphabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Premiere Educandum indexed by:


Premiere Educandum has ISSN: 2088-5350 (Print) & ISSN: 2528-5173 (Online)

Creative Commons License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View Premiere Educandum Stats