Pengembangan Perangkat Pembelajaran SETS Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar

Mahlianurrahman Mahlianurrahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran SETS yang layak, untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa, sikap peduli lingkungan dan mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran SETS. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan mengacu pendapat Borg & Gall. Desain pengembangan perangkat pembelajaran ini meliputi 9 langkah, yaitu (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) pengembangan draft produk; (4) uji coba awal; (5) merevisi hasil uji coba terbatas; (6) uji coba lapangan; (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan; (8) uji coba lapangan operasional; dan (9) penyempurnaan produk akhir. Subjek penelitian adalah siswa SD Negeri 3 Kotafajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran SETS layak digunakan menurut ahli materi dan ahli pembelajaran dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan perangkat pembelajaran SETS dan yang tidak menggunakan perangkat pembelajaran hasil pengembangan.


Keywords


perangkat pembelajaran SETS; pemahaman konsep; sikap peduli lingkungan

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Bernadete, I.D.R. (2009). Science, Technology, Society and Environment (STSE) Approach in Environmental Science for Nonscience Students in a Local Culture. Journal of Higher Education Research Science and Technology Section, 6, 281.

Desfandi, M. (2015). Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. Sosio Didaktika Social Science Education Journal, 2,1.

Dilek, E. A. (2014). Turkish Teacher Opinions About Science, Technology, Society, Enviroment Acquisitions In Science And Technology Course Curriculum. Journal of Baltic Science Education, 13, 217.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). An Introduction to Educational Design Research. East, 129. Retrieved from www.slo.nl/organisatie/international/publications.

Mariana & Alit, M. (2000). Suatu Tujuan Tentang Hakikat Pendekatan Science, Technology, and Society dalam Pembelajaran Sains. Pelangi Pendidikan, 2, 40- 41.

Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis : a methods sourcebook. Los Angeles: Sage.

Nurcahyani, N., Mulyani, B., & Mahardiani, L. (2012). Efektivitas Metode Pembelajaran STAD Berbasis SETS Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Perubahan Fisika Dan Kimia Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Kimia, Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 1, 20

Santrock, J.W. (2010). Educational psychology, (5th ed). New York: McGraw- Hill Companies.

Saridi, S. (2011). Membentuk Karakter Yang Cerdas. Tulung Agung: Cahaya Abadi.

Sony, K. 2010. Etika Lingkungan. Jakarta: Kompas.

Stephen, A.M., & Megan, D. (2012). The Impact of an STS Approach on the Development of Aspects of Scientific Literacy of Grade 10 Learners. Paper

presented at SAARMSTE Conference, 1, 1.

Yager, R.E., & Hakan, A. (2008). Comparison of Student Learning Outcomes in Middle School Science Classes with an STS Approach and a Typical Textbook Dominated Approach. RMLE Online, 31, 15.

Yaseen, M.Y., & Subahan, T.M. (2012). The Ranking of Science, Technology and Society (STS) Issues by Students and Physics Teachers in Secondary School. Yemen University Kebangsaan Malaysia, 2, 47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Premiere Educandum indexed by:


Premiere Educandum has ISSN: 2088-5350 (Print) & ISSN: 2528-5173 (Online)

Creative Commons License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View Premiere Educandum Stats