Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Metode Ekspositori Pada Siswa Kelas II SDN Sukolilo 03

wakiyem wakiyem

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS khususnya dalam hal  kemampuan mengidentifikasi kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga melalui metode ekspositori siswa Kelas II SDN Sukolilo 03 Kecamatan Jiwan Madiun tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas II dan dilakukan secara kolaboratif dengan guru SDN Sukolilo 03. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi metode ekspositori yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar siswa Kelas II SD Negeri Sukolilo 03 Kecamatan Jiwan Madiun, ternyata lebih efektif dalam meningkatkan dan menumbuhkan aktivitas, motivasi, dan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dengan siswa yang mendapat nilai sama atau lebih tinggi dari KKM meningkat dari siklus I ke siklus II. 


Keywords


Prestasi Belajar; IPS; Metode Ekspositori

Full Text:

PDF

References


Bafadal, I. (1994). Proses Perubahun di sekolah. Desertasi. Program Pascasarjana IKIP Malang: Tidak Dipublikasikan.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara

______, O. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkun Pendekatan Sistem, Jakarta: PT Bumi Aksara

Khasanah, I. (2011). Permainan Tradisional sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian PAUDIA. 4(2), 67 – 73.

Nurhadi, & Senduk, G., A. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.

Rosyidah, L. (2012). Pengaruh Metode Crossword Puzzle Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas V Di MIN Sucenjurutengah Bayan Purworejo. Retrieved from digilib.uin-suka.ac.id/9998.

Rifai, Moh. (2014). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Pembelajaran STAD pada Pembelajaran IPS Siswa Kela IV MIN Manisrejo Kota Madiun. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(2), 193 – 201.

Sari, R.D., Shaifuddin,M., Sriyanto,I.S. (2013). Peningkatan Pemahaman Konsep Koperasi Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 1(7), 1 – 6.

Suparno, P., Rohandi, R., Sukadi, G., Kartono, S. (2001). Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi, Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Thalib, S. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif, Jakarta: Kencana Media Group.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: PT Bumi Aksara.

Usman, U. M. 2002. Menjadi Guru Prnfesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Premiere Educandum indexed by:


Premiere Educandum has ISSN: 2088-5350 (Print) & ISSN: 2528-5173 (Online)

Creative Commons License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View Premiere Educandum Stats