Upaya Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Permainan Tradisional Congklak Pada Mata Pelajaran IPS

Purwati Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial dengan menggunakan permainan tradisional congklak pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Sukolilo 03 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan penelitian kualitatif dan dilaksanakan dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan permainan tradisional congklak pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V SDN Sukolilo 03 Madiun Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dengan hasil bahwa dari 21 siswa, pada siklus I yaitu 7 siswa yang memperoleh kriteria sangat baik dan baik (kriteria penelitian) mencapai 33,3% dengan rata-rata kriteria cukup. Pada siklus II yaitu 17 siswa yang memperoleh kriteria sangat baik dan baik (kriteria penelitian) mencapai mencapai 81% dengan rata-rata kriteria baik. Selain itu, hasil nilai siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I yaitu rata-rata kelas 72,4 dengan kriteria cukup (66,7%) dengan jumlah 14 siswa. Pada siklus 2 yaitu rata-rata kelas 82,4 dengan kriteria baik (85,7%) dengan jumlah 18 siswa. Hasil nilai siswa pada siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan dengan siswa yang sudah tuntas mencapai ≥ 80% dari jumlah seluruh siswa

Keywords


Keterampilan Sosial; Permainan Tradisional Congklak

Full Text:

PDF

References


Arie, V. (2015). Hore, Aku Tinggi Cerita Seru Permainan Tradisional, Solo: Tiga Serangkai.

Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Cahyani, N. P. D. (2014). Permainan Tradisional: Media Pembelajaran di Kelas BIPA, Bali: Asile 2014 Conference.

Dewi, S.A.A.A., Suardika, R.W.I., & Ganing, N.N. (2014). Pengaruh Pembelajaran Tematik Berbasis Permainan Edukatif Sing To Remember Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Gugus Letkol Wisnu. Jurnal Mimbar PGSD, 2(1), 89 – 96.

Goleman, D. (2005). Working with Emotional Inteligence (Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi), Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gunawan, R. (2013). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta.

Khasanah, I. (2011). Permainan Tradisional sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian PAUDIA. 4(2), 67 – 73.

Rifai, M. (2014). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Pembelajaran STAD pada Pembelajaran IPS Siswa Kela IV MIN Manisrejo Kota Madiun. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(2), 193 – 201.

Tatalia, G.R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Pemetaan Pikiran (MIND MAPPING) Dengan Mempertimbangkan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Panti. Jurnal Bahasa Sastra Dan Pembelajaran, 3(1), 1 – 10.

Yusmadi. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Pada Siswa Kelas VI SDN Karangdowo, Jurnal Karya Pendidikan, 2(2), 56 - 63.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Premiere Educandum indexed by:


Premiere Educandum has ISSN: 2088-5350 (Print) & ISSN: 2528-5173 (Online)

Creative Commons License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View Premiere Educandum Stats