Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran DI (Direct Instruction) Dengan Media Visual Berbantuan Komputer

wintarti wintarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran DI (Direct Instruction) dengan media visual berbantuan komputer pada siswa kelas V SDN Sukolilo 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa dan dilakukan secara kolaboratif dengan guru SDN Sukolilo 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran DI (Direct Instruction) dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa. Hal ini terbukti dengan siswa yang mendapat nilai sama atau lebih tinggi dari KKM 70,00 meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai rata-rata kelas 72,3. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar rata-rata kelas meningkat 84,8

Keywords


Prestasi Belajar; Model Pembelajaran DI (Direct Instruction); Media Visual Berbantuan Komputer

Full Text:

PDF

References


Anitah, S. (2008). Media Pembelajaran, Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Kartika S. M. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan Metode Mind Mapping. Premiere Educandum jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 2(2), 140 - 141.

_________. (2012). Pengenalan dan Pembelajaran IPS SD Sebuah Kajian Konsep Dasar IPS SD, Madiun: PGSD FIP IKIP PGRI Madiun.

_________. (2014). Pengaruh Metode Kooperatif Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas III. Premiere Educandum jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(2), 133 – 146. Retrieved from http://e-journal. unipma. ac.id/ index. php /PE/article/view/313/285.

Rifai, M. (2014). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Pembelajaran STAD pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV MIN Manisrejo Kota Madiun. Premiere Educandum jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(2), 156 - 169. Retrieved from http://e-journal.unipma. ac.id/ index .php /PE/article/view/315/287.

Sulistyarsi, A. (2012). Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Membuat Alat Peraga IPA untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keaktifan Siswa Kelas IV SDN Cermo 01 Kare Madiun. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 2(1), 21 - 37. Retrieved from http://e-journal .unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/45/43.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

UUD 1945: Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Setelah Perubahan (Amandemen I,II,III,IV) disertai Kabinet Kerja 2014-2019. (2014). Surabaya: Zara Publisher.

Wahyudi, C. (2003). Pengetahuan Dasar Teknologi. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas dengan PT Rineka Cipta dan PT Bina Adiaksara.

Yusmadi. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Pada Siswa Kelas VI SDN Karangdowo. Jurnal Karya Pendidikan, 2(2), 56 - 63.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Premiere Educandum indexed by:


Premiere Educandum has ISSN: 2088-5350 (Print) & ISSN: 2528-5173 (Online)

Creative Commons License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View Premiere Educandum Stats