Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa

Marasiwi marasiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika yang rendah siswa kelas V Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 di SDN Sukolilo 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini berjenis PTK yang dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dan dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukolilo 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 di SDN Sukolilo 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Siswa kelas V berjumlah 22 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Sukolilo 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017.


Keywords


Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together); prestasi belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Arie, V. (2015). Hore, Aku Tinggi Cerita Seru Permainan Tradisional, Solo: Tiga Serangkai.

Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Cahyani, N. P. 2014. Permainan Tradisional: Media Pembelajaran di Kelas BIPA. Bali: Asile 2014 Conference, Retrieved from http://www.ialf.edu/asile/NiPutuDianCahyani-PermainanTradisional.pdf.

Dewi, S.A., Suardika, R.W. & Ganing, N.N. (2014). Pengaruh Pembelajaran Tematik Berbasis Permainan Edukatif Sing To Remember Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Gugus Letkol Wisnu. Jurnal Mimbar PGSD, 2(1). Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2039.

Goleman, D. (2005). Working with Emotional Inteligence (Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi), Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gunawan, R. (2013). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta.

Fuzidri. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Siswa Kelas VIII 5 Mtsn Kamang Kabupaten Agam. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, 2(3). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/ index.php/bsp/article/viewFile/5025/397.

Jenisa, K & Lubis, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X Tgb Smk Negeri 1 Lubuk Pakam. Jurnal Education Building, 2(1), 77-86. Retrieved from http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/eb/article/download/3850/3431.

Rifai, M. (2014). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Pembelajaran STAD pada Pembelajaran IPS Siswa Kela IV MIN Manisrejo Kota Madiun. Premiere Educandum, 4(2), 156 – 169. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/315/287.

Tatalia, R. Syahrul R. & Ermanto. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Pemetaan Pikiran (MIND MAPPING) Dengan Mempertimbangkan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Panti. Jurnal Bahasa Sastra Dan Pembelajaran, 3(1), 36 – 45 Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bsp/article/download/4909/3862.

Yusmadi. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Pada Siswa Kelas VI SDN Karangdowo. Jurnal Karya Pendidikan, 2(2), 56-63.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Premiere Educandum indexed by:


Premiere Educandum has ISSN: 2088-5350 (Print) & ISSN: 2528-5173 (Online)

Creative Commons License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View Premiere Educandum Stats