Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) Dan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualy): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa

Antomi Saregar, Rahma Diani, Ridho Kholid

Abstract


Fokus dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas implementasi model pembelajaran terhadap hasil belajar fisika siswa SMA pada materi fluida statis, antara kelas dengan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) dan kelas dengan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualy). Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest kelompok statis (The Static Group Pretest- Postest Design). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kedua kelas, yang dibuktikan dari hasil uji-t dimana thitung> ttabel, Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas dengan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) dan kelas model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualy). Selanjutnya, diperoleh hasil uji effect size sebesar 0,69 dengan kriteria sedang. Sehingga penerapan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) lebih efektif dalam meningakatkan hasil belajar fisika siswa dibandingkan dengan pemodel pembelajaran TAI (Team Assisted Individualy).


Keywords


efektivitas model pembelajaran; efek size; hasil belajar; model ATI; model TAI

Full Text:

PDF

References


Asyhari, A., Irwandani, I., & Saputra, H. C. (2017). Conceptual Instruction WorksheetBased on PhET: Developing Teaching

Materials to Construct Student Concept in Photoelectric Effect. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 193-204.

Cohen, J. (1998). Statistical power analysis for the behavioral sciences (2nd ed). Hillsdale, NJ: Erlbaum.

Diani, R. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantukan LKS Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, Vol 5 No. 1, 83-93.

Dongoran, Z. (2014). Efek Model Pembelajaran ATI Terhadap Aktivitas Sains dan Generik Fisika Siswa. Dikfis Pascasarjana Unimed, Vol. 3 No. 2 .

Erniati, U, W., & Nurjannah. (2014). Perbandingan Hasil Belajar Fisika Antara Model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Dengan Model Pembelajaran Student Teams Achievment Division(Stad) Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ampana Kota. Jurnal Pendidikan

Fisika Tadulako (JPFT). Vol. 2, No.1.

Fayakun, M., & Joko, P. (2015). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kontekstual (CTL) Dengan MetodePredict, Observe, Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat

Tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 11 No. 1, 49-58.

Fuchs, L. S., Schumacher, R. F., Sterba, S. K., Long, J., Namkung, J., Malone, A., ... & Changas, P. (2014). Does working memory moderate the effects of fraction intervention? An aptitude–treatment interaction. Journal of Educational Psychology, 106(2), 499.

Fung, D., & Lui, W. M. (2016). Individual To Collaborative: Guided Group Work And The Role Of Teachers In Junior Secondary Science Classrooms. International Journal Of Science Education. Vol. 38, No. 7.

Hake, R. (2002). Relationship Of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics With Gender, Hight School Physics and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Jurnal

Internasional Vol 1 No 1.

Hermawan, A., & Enawaty, E. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Struktur Atom. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1)

Jayanti, R. D., Romlah, & Saregar, A. (2016). Efektivitas Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) melalui Metode POE terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik.

Seminar Nasional Pendidikan (pp. 208-214). Bandar Lampung: Pendidikan Fisika Universitas Lampung.

Malleus, E., Kikas , E., & Kruus, S. (2016). Students' Understanding Of Cloud And Rainbow Formation And Teachers' Awareness Of Students' Performace. International Journal Of Science Education, Vol. 38, 993-1011.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurdin, S. (2005). Model Pembelajaran yang Memperhatikan Keragaman Individu dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi

(KBK). Jakarta: Depdiknas

Pirayanti, N. M. (2012). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Hasil Belajar

TIK Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Ajaran 2011/2012. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) Vol. 1.

Putra, A. N., Renda, N. T., & H, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 2 No. 1.

Saregar, A., Latifah, S., & Sari, M. (2016). The Effectiveness of Model Learning CUPs: Impact on The Higher Order Thinking Skill Students at Madrasah Aliyah Mathla'ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(2), 235-246.

Saregar, A., Sunarno, W., & Cari, C. (2013). Pembelajaran Fisika Kontekstual Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Diskusi Menggunakan Multimedia Interaktif ditinjau dari Sikap Ilmiah dan

Kemampuan Verbal Siswa. Inkuiri, 2(02),100-113.

Sari, M., Romlah, & Saregar, A. (2016). Efektiitas Pembelajaran Fisika dengan Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) dan Model Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pesisir Tengah Krui. Mathematics, Science, & Education National Conference (MSENCo) (pp. 49-54). Bandar Lampung: FTK IAIN Raden Intan Lampung.

Suana, W. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, Vol 5 No. 1, 15-21.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono. (2015). Cooperative Learning Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Syah, F. F., Widodo, A. T., & Nurhayati, S. (2014). Pengaruh Model Team Assisted Individualization Dengan Structure Exercise Method Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 8,

No. 1, 1230-1240.

Tasca, G. A., Ritchie, K., Conrad, G., Balfour, L., Gayton, J., Lybanon, V., & Bissada, H. (2006). Attachment scales predict outcome in a randomized controlled trial of two group therapies for binge eating disorder: An aptitude by treatment interaction.

Psychotherapy Research, 16(1), 106-121.

Wardani, N. C., Suwatra, I. W., & Wirya, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas VII Tahun Ajaran

/2015 Di SMP Negeri 1 Banjar. Jurnal Edutech, Vol. 2 No. 1.

Widyastuthi, N. L. O., Dantes, N., & Garminah, N. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Ati (Aptitude Treatment Interaction) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 1 Melaya. Mimbar PGSD, 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Indexed by :

 

Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Lt 2 Kantor Program Studi Pendidikan Fisika
email : jpfk@unipma.ac.id


Copyright Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFKISSN 2442-8868 (printed) , ISSN  2442-904X (online)
real
time web analyticsView My Stat