Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika

Mochammad Maulana Trianggono

Abstract


Kemampuan berpikir tingkat tinggi memiliki peranan penting dalam membentuk karakter kreatif dan kritis seseorang dalam menyelesaikan permasalahan fisika. Kemampuan berpikir tingkat tinggi pada umumnya didukung oleh kualitas pemahaman konsep seseorang, dalam artian kualitas pemahaman seseorang terhadap suatu konsep sinergi dengan kualitas kemampuan berpikir tingkat tingginya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan kausalitas antara pemahaman konsep dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah fisika berdasarkan data penelitian yang telah dilakukan di kelas X IPA 2 SMAN 4 Jember. Data pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif diperoleh melalui ­pre-test dan post-test menggunakan tes objektif dan uraian. Data hasil penelitian tersebut dianalisis menggunakan analisis regresi linier dan dijelaskan secara deskriptif berdasarkan n-gain­ pada masing-masing indikator pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif. Kajian tentang hubungan kausalitas antara pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif menunjukkan bahwa keduanya memiliki pengaruh yang saling konstruktif dalam menghasilkan penyelesaian yang komprehensif dari suatu permasalahan fisika.


Keywords


Pemahaman Konsep; Kemampuan Berpikir Kreatif; Pemecahan Masalah Fisika

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2012). Learning to Teach: Ninth Edition. USA: The McGraw-Hill Companies

Ennis, R. H. (1995). Critical Thinking. Illionis: Prentice Hall

Guilford, J. P. (1967). The Nature of Human Intelligence. New York: McGraw-Hill

Johnson, S. (2010). Where Good Ideas Come From. New York: Riverhead books

Kao, G. Y.-M., Lin, S. S. J., & Sun, C.-T. (2008). Breaking Concept Boundaries to Enhance Creative Potential: Using Integrated Concept Maps for Conceptual Self-Awareness. Elsevier: Computer & Education 51, 1718-1728

Kim, K. (2007). The Two Torrance Creativity Test: The Torrance Test of Creative Thinking and Thinking Creatively in Action and Movement. In Ai-Girl Tan (Ed). Creativity A Handbook for Teacher, 117-141. Singapore: World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd

Krathwohl, D. R. & Anderson, L. W. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Obejctives. New York: Longman

McGregor, D. (2007). Thinking; Developing Learning. A Guide to Thinking Skills in Education. McGrawHill: Open University Press

Munandar, Utami (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, H. A. (2011). Pemahaman Pemecahan Masalah Pembuktian Sebagai Sarana Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 189-196. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Trianggono, M. M. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. (Tesis, Universitas Negeri Surabaya)

Wulandari, Anis Elyana. (2016). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ekuivalen Vol 24 No. 2




DOI: http://dx.doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Indexed by :

 

Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Lt 2 Kantor Program Studi Pendidikan Fisika
email : jpfk@unipma.ac.id


Copyright Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFKISSN 2442-8868 (printed) , ISSN  2442-904X (online)
real
time web analyticsView My Stat