Efektivitas Penggunaan Booklet Untukmeremediasi Kesalahan Siswa Pada Materi Pemuaian Zat Di Kelas VII SMP Negeri 1 Tangaran Kabupaten Sambas

Nurussaniah Nurussaniah, Wahyudi Wahyudi, Novi Sri Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan booklet untuk meremediasi kesalahan siswa pada materi pemuaian zat di kelas VII SMP Negeri 1 Tangaran Kabupaten Sambas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan bentuk penelitian Pre-Experimenal Designs dengan rancangan penelitian One Group Pretest Postest Design.  Sebanyak 27 siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Tangaran Kabupaten Sambas yang dipilih secara intact group berpartisipasi dalam penelitian ini.Alat pengumpul data dalam penelitian ini yaitu tes tertulis berupa pilihan ganda menggunakan tiga alternatif jawaban dan disertai dengan alasan terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan boklet efektif untuk meremediasi kesalahan siswa pada materi pemuaian zat dengan kategori tinggi untuk 20 siswa, sedang untuk 6 siswa dan rendah untuk 1 siswa. Selain itu penggunaan booklet juga efektif untuk meremediasi kesalahan pada materi pemuaian zat dengan kategori tinggi untuk 5 indikator, sedang untuk 4 indikator dan rendah untuk 1 indikator.


Keywords


efektifitas, remediasi; pemuaian zat; booklet; kesalahan siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

Creative Commons License
JURNAL EDUKASI MATEMATIKA DAN SAINS by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/JEMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats