Penggunaan Sumber Belajar Digital Exelsa Moodle dan Komik Toondo Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Sejarah

Brigida Intan Printina

Abstract


Pembelajaran sejarah saat ini menjadi sangat penting bagi dunia pendidikan. Semakin banyak masyarakat yang tidak menyadari jati dirinya sebagai warga negara Indonesia karena tidak memiliki pengetahuan tentang perjuangan bangsa di masa lalu.Penyampaian pesan masa lalu dapat dikemas dengan menarik jika para pendidik sejarah mau bertransformasi lewat media pembelajaran tanpa menghilangkan esensi dari nilai dan karater bangsa. Menyadari betapa kencangnya arus teknologi dan digitalisasi peneliti ingin membuka konseksi untuk memanfaatkan media sebagai bahan penunjang pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan sumber belajar digital lewat exelsa moodle dan komik Toondo sebagai sarana yang tepat menggali sejarah secara efektif dan mampu meningkatkan kreativitas belajar yang sudah diujikan di Universitas Sanata Dharma khusunya pada mata kuliah Multimedia Pembelajaran Sejarah dan Sejarah Gereja. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode penelitian dilakukan melalui dua siklus, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan dilanjutkan dengan perencanaan siklus berikutnya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa media pembelajaran sejarah melalui Exelsa Moodle dan Komik Toondo memberi pengaruh yang besar bagi kreativitas peserta didik dan pembelajaran sejarah dapat divisualisasikan dengan mudah sehingga lebih menarik dan inovatif baik bagi pengajar maupun peserta didik.

Keywords


Digital Exelsa Moodle; Komik Toondo; Kreatifitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agastya: Jurnal dan Pembelajarannya has ISSN: 2087-8907 (Print) ISSN: 2502-2857 (Online), published by Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UNIVERSITAS PGRI MADIUN, email: agastya@unipma.ac.id.
 
 

Lisensi Creative Commons
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 
 
 
web
analytics  
view my stats