Batik Pring: Sejarah Perkembangan Batik Modern Desa Sidomukti Tahun 2002-2015 Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan

Nia Ulfia Krismawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah perkembangan industri batik dan perkembangan motif batik. Lokasi penelitian  di Desa Sidomukti Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan, khususnya di dua kelompok usaha bersama (KUBE) yaitu KUBE Mukti Rahayu dan Mukti Lestari. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari lokasi penelitian berupa wawancara dengan pendiri dan pembatik dan dokumentasi. Data sekunder berupa studi pustaka yang terkait dengan sejarah perkembangan industri batik di Desa Sidomukti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Industri Batik Pring Desa Sidomukti didirikan pada tahun 2002 oleh kepala desa yang bernama Pak Tikno, KUBE pertama yang didirikan diberi nama Mukti Rahayu dengan anggota sebanyak 36 pembatik. Pada tahun 2006 didirikan KUBE baru dengan nama Mukti Lestari yang beranggotakan 30 orang. Pada tahun 2014 mulai dirintis KUBE baru yang diberi nama Sri Tanjung yang mempunyai konsep berbeda dari 2 KUBE sebelumnya. Perkembangan industri diiringi dengan perkembangan motif batik diantaranya Motif Batik Pring Sedapur, Pring Sulur, Bambu Batu, Pring Bonggolan, Jalak Lawu,  Pring Ijen, Pring Sekar Jagad, Pring Sekar Melati, Pring Bunga, Pring Kipas, Pring Cecek, Pring Kuning, Magetan Kumandang, Pring Polos, Bambu Rumput, Pring Gunungan, Pring Naga, Pring Bunga Krisan, dan Pring Parang Garuda. Pembuatan Batik Pring Sidomukti dari segi pembuatan, masih dengan teknik tradisional yaitu teknik tulis yang memberikan kesan batik yang sebenarnya.


Keywords


Industri; Batik Pring; Desa Sidomukti

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agastya: Jurnal dan Pembelajarannya has ISSN: 2087-8907 (Print) ISSN: 2502-2857 (Online), published by Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UNIVERSITAS PGRI MADIUN, email: agastya@unipma.ac.id.
 
 

Lisensi Creative Commons
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 
 
 
web
analytics  
view my stats